Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

STAI Nusantara Banda Aceh Gelar Kuliah Umum Perdana: Dorong Profesionalisme, Kemandirian, dan Kewirausahaan Mahasiswa

Senin, 02 September 2024 | 00.45 WIB | 0 Views Last Updated 2024-09-02T08:16:26Z

Foto: Istimewa

Banda Aceh
,– STAI Nusantara Banda Aceh mengadakan kuliah umum pembukaan semester ganjil tahun ajaran 2024/2025 dengan tema "Membangun Profesionalisme, Kemandirian, dan Kewirausahaan Mahasiswa". Acara ini berlangsung di Aula STAI Nusantara, mulai pukul 08.30 hingga 12.00 WIB, dan dihadiri oleh mahasiswa baru dan lama. Dengan menghadirkan Narasumber Prof. Dr. T. Zulfikar, M.Ed, yang juga menjabat sebagai Wakil Direktur Pascasarjana UIN Ar-Raniry dan Dr. Jamaluddin, MA yang menjabat sebagai Kepala Pusat Pengembangan Bisnis STAI Nusantara.

Wakil Ketua Bidang Akademik STAI Nusantara, Muslem, S.Pd.I, MA dalam sambutannya menyampaikan bahwa, “Kuliah umum hari ini merupakan perdana kita laksanakan setelah pindah ke Gedung Baru di Lokasi Tibang ini, dan nanti akan menjadi tradisi akademik yang rutin kita laksanakan setiap awal semester ganjil.” Muslem mengatakan tema kuliah umum tersebut "bukan hanya sekedar kata-tata tetapi merupakan sebuah panggilan untuk kita semua, terutama mahasiswa karena sekarang kita hidup di era yang sangat kompetitif yang menuntut mahasiswa memiliki profesionalisme yang tinggi, kemandirian dalam berpikir dan bertindak, serta jiwa kewirausahaan yang kuat."

Foto: Istimewa

Muslem juga menambahkan bahwa kewirausahaan merupakan sebuah keniscayaan di era global dan kompetitif ini, bahkan menjadi salah satu bangunan ilmu pengetahuan (body of knowledge) dalam struktur kurikulum perguruan tinggi. Dengan memasukkan kewirausahaan sebagai bagian dari kurikulum, kita memberikan mahasiswa alat dan pengetahuan yang diperlukan untuk meminalisir pengangguran dimasa depan," tuturnya.

Prof. Dr. T. Zulfikar, dalam presentasinya menjelaskan berbagai strategi untuk membangun profesionalisme di kalangan mahasiswa, serta pentingnya kemandirian dalam menghadapi tantangan global. Ia menekankan bahwa mahasiswa harus berani mengambil tanggung jawab atas pilihan yang dibuat.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Kepala pusat Pengembangan Bisnis STAI Nusantara Banda Aceh Dr, Jamaluddin Thib M.A Membawakan materi "membangun jiwa kewirausahaan mahasiswa" dalam presetasinya mengatakan "di era dimana lapangan pekerjaan semakin terbatas, memiliki jiwa kewirausahaan akan memberikan kalian keunggulan kompetitif. Saya ingin kalian berpikir kreatif dan inovatif dalam mencari solusi atas masalah di sekitar kita. Jangan takut untuk memulai usaha kecil-kecilan, karen dari situ kalian dapat belajar banyak tentang bagaimana mengelola bisnis dan berinteraksi dengan masyarakat"



Acara ini diakhiri dengan sesi tanya jawab, di mana mahasiswa diberikan kesempatan untuk berdiskusi langsung dengan narasumber. Diharapkan, kuliah umum ini dapat menjadi langkah awal yang baik bagi mahasiswa dalam menjalani perkuliahan di STAI Nusantara Banda Aceh.

Dengan semangat baru, diharapkan mahasiswa dapat memanfaatkan ilmu yang diperoleh untuk berkontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa.[]

×
Berita Terbaru Update