Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Laznas Dewan Dakwah Lanjutkan Distribusi Bantuan Kemanusiaan ke Gaza

Selasa, 17 September 2024 | 09.19 WIB | 0 Views Last Updated 2024-09-17T16:19:12Z

Foto: Istimewa

Jakarta
- Laznas Dewan Dakwah kembali melanjutkan distribusi bantuan kemanusiaan ke Gaza, Palestina. Pengiriman bantuan dijadwalkan berlangsung pada 18–24 September, dengan menggunakan konvoi truk kemanusiaan.


Penyaluran kali ini merupakan tahap ke-21, setelah sebelumnya, pada 25–26 Agustus, tahap ke-20 berhasil dilaksanakan dengan distribusi 300.000 liter air bersih untuk 6.750 jiwa di kamp pengungsian Abu Gemayzeh, Deir El Balah, serta pengungsi internal di Gaza Utara.


Manajer Kemanusiaan Laznas Dewan Dakwah M. Sa’id, meyampaikan, dalam penyaluran kali ini, Laznas Dewan Dakwah menyalurkan paket pangan (food truck) dan tepung gandum. Program ini merupakan kolaborasi dengan berbagai mitra, termasuk lembaga zakat nasional seperti POROZ dan FOZ, serta lembaga kemanusiaan internasional, SouthEast Asia Humanitarian Committee (SEAHUM).


“Tim delegasi Laznas Dewan Dakwah mempersiapkan keberangkatan dan mematangkan koordinasi logistik, alokasi dana, serta langkah-langkah implementasi. Tujuannya adalah memastikan bantuan dapat disalurkan secara tepat sasaran dan efisien, menjangkau wilayah-wilayah di Palestina yang paling terdampak oleh agresi zionis, terutama dalam memenuhi kebutuhan mendesak yang masih belum terpenuhi,” ungkapnya.


Menurut M. Sa’id, pengadaan barang, pengemasan, serta konvoi truk kemanusiaan akan dilakukan dari Yordania. 


Ia menambahkan, total nilai bantuan kolaborasi dengan POROZ, FOZ, dan SEAHUM diperkirakan mencapai Rp5 miliar. Jumlah ini kemungkinan akan bertambah seiring masuknya donasi tambahan sebelum keberangkatan tim menuju Yordania. 


Dari jumlah tersebut, Laznas Dewan Dakwah sendiri akan menyalurkan bantuan senilai Rp940 juta, dalam bentuk paket pangan dan tepung gandum.


“Aksi ini merupakan bukti nyata komitmen Laznas Dewan Dakwah untuk terus menyalurkan bantuan dari para donatur demi meringankan penderitaan rakyat Palestina. Solidaritas dan kolaborasi yang terjalin diharapkan mampu membantu mengakhiri krisis kemanusiaan di sana,” ujarnya.


Direktur Eksekutif Laznas Dewan Dakwah  Tjaturadi Walujo mengatakan, penyaluran kali ini adalah bentuk komitmen lembaga untuk terus berkolaborasi dengan berbagai pihak, agar tujuan dan manfaat bantuan dapat tersampaikan dengan baik. 


“Laznas Dewan Dakwah terus mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam penyaluran bantuan ini. Dukungan, baik moral, materi, maupun donasi dari berbagai pihak, sangat diharapkan untuk memperluas manfaat bagi rakyat Palestina,” harapnya. (Sayed M. Husen)

×
Berita Terbaru Update