Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Membangun UMKM Banda Aceh: Kolaborasi MES, BSI, dan PDAM

Kamis, 15 Agustus 2024 | 02.51 WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-15T09:51:35Z

Foto: Istimewa

Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Kota Banda Aceh, Selasa 13 Agustus 2024 kembali melaksanakan kegiatan penguatan kapasitas bagi pelaku usaha mikro UMKM di Banda Aceh dalam bentuk pelatihan, sekaligus sosialisasi penerapan ekonomi syariah di Aceh sesuai dengan Qanun No. 11 Tahun 2018 tentang Lembaga Keuangan Syariah (LKS).

 

Ini merupakan kegiatan lanjutan bagi pelaku usaha mikro UMKM binaan MES Kota Banda Aceh setelah sukses melaksanakan kegiatan yang sama  pada bulan Juli 2024 yang lalu.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka peningkatan kualitas bagi pelaku UMKM agar mampu bersaing dalam merebut pangsa pasar dalam memasarkan produk-produknya, termasuk persiapan dalam menyosong PON ke 21 Aceh-Sumut yang akan berlangsung pada awal bulan September mendatang di Aceh dan Sumatera Utara.

 

Dalam melaksanakan kegiatan tersebut, MES Kota Banda Aceh berkolaborasi dengan Bank Syariah Indonesia (BSI) serta PDAM Tirta Daroy Kota Banda Aceh, sebagai salah satu motor penggerak  dalam memajukan UMKM di Kota Banda Aceh.

 

Ilyas M.Harun, SE, MM, Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah Kota Banda Aceh, dalam sambutannya menyampaikan, MES hadir ditengah-tengah masyarakat, salah satu fungsinya adalah agar dapat berkontribusi dalam membangun ekonomi masyarakat, terutama bagi pelaku UMKM di Banda Aceh, selain tugas pokoknya sebagai elevator dalam mengawasi serta sosialisasi pelaksanaan ekonomi syariah di Aceh, khususnya Banda Aceh. Ke depan, MES Kota Banda Aceh tetap akan menjadi mitra strategis bagi pelaku UMKM di Banda Aceh dalam berbagai aspek dan kegiatannya, demikian ungkap Ilyas M. Harun lebih lanjut. Hal senada juga dibenarkan oleh Ida Farida, SH sebagai inisiator UMKM Aceh yang juga sebagai Sekum MES Kota Banda Aceh saat ini.

 

Pelatihan penguatan kapasitas bagi pelaku UMKM ini dilaksanakan di BSI Center, Banda Aceh yang dibuka langsung oleh, Saiful Musadir, Intitutional Banking Goverment And Relation Deputy BSI Region Aceh serta dihadiri perwakilan dari Dinas koperasi UKM Aceh, Bapak Bilal Rekhfa Pahlevie, ST, Dirut PDAM Tirta Daroy Banda Aceh T. Novizal Aiyub, diikuti oleh kurang lebih 32 peserta UMKM binaan MES Kota Banda Aceh.

 

Dalam sambutan dan arahannya, Saiful Musadir dari BSI  meyampaikan apresiasi yang luar luar biasa kepada MES Kota Banda Aceh yang telah mengambil peran dalam memajukan UMKM di Banda Aceh dan berharap para peserta mendapatkan banyak manfaat dari kegiatan ini serta terus berkembang dan “naik Kelas  istilah untuk UMKM yang semakin maju dan berkembang.

Saiful Musadir juga menyinggung, Khusus dalam menghadapi Pekan Olahraga Nasional 21 yang akan berlangsung pada awal Semptember 2024, di Aceh dan Sumatera Utara, hadirnya UMKM sangat dibutuhkan dalam memeriahkan dan suksesnya Aceh sebagai tuan rumah PON ke 21 ini, sekaligus sebagai peluang besar yang tidak boleh dilewatkan oleh pelaku UMKM di Aceh dalam memasarkan produk-produknya pada event langka tersebut, yang belum tentu bisa didapatkan kembali dalam kurun waktu yang singkat.

Pada salah satu sesi paparan oleh pemateri, Dr. Jen Surya, SE, M.Si., Ak, CA memberikan berbagai tip dan trik dalam melakukan strategi pemasaran bagi pelaku UMKM sehingga mampu tumbuh dan bersaing dengan baik. Semangat dan kerja keras adalah hal yang terpenting dalam mejalani usaha, selain strategi dan tentu saja kiat-kiat lainnya yang juga sangat dibutuhkan dalam membangun UMKM, demikian menurut Dr. Jen Surya. Diperlukan juga kehadiran para stakeholdar dalam membina usaha mikro dan UMKM,  terutama dalam hal regulasi dan kebijakannya yang dapat mendukung perkembangan UMKM. Terakhir, Dr. Jen Surya sangat mengapresiasi atas hadirnya organisasi MES, khususnya MES Kota Banda Aceh yang telah berani tampil dalam membangun UMKM di Banda Aceh.

×
Berita Terbaru Update